Prosedur Pendaftaran

 

SEARCHING

 

Langkah awal untuk mengajukan permohonan pendaftaran Paten adalah dengan melakukan Searching terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Paten yang ingin anda ajukan terdapat unsur kebaruan sehingga bisa didaftarkan atau tidak.

 

Melengkapi Persyaratan Pengajuan Permohonan Pendaftaran Paten

 

Setelah proses Searching selesai dilakukan dan diketahui bahwa Paten yang ingin anda ajukan memiliki unsur kebaruan, maka selanjutnya adalah melengkapi seluruh dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan permohonan pendaftaran Paten. Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :
  1. Surat Kuasa.
  2. Surat Pernyataan Kepemilikan Invensi Oleh Inventor.
  3. Formulir Permohonan Pendaftaran Paten.
  4. Membuat Deskripsi, Klaim dan Gambar Paten yang akan diajukan.
  5. Fotokopi Kartu Identitas Pemohon / Fotokopi KTP Direktur jika diajukan oleh Badan Hukum.
  6. Akta Pendirian Perusahaan (jika diajukan oleh badan hukum).
  7. Surat Izin Usaha Perdagangan (jika diajukan oleh badan hukum).
  8. Nomor Pokok Wajib Pajak Badang Hukum (jika diajukan oleh badan hukum).


Poin 1 sampai dengan poin 4 akan kami siapkan seluruhnya di kantor.


Anda dapat melengkapi dokumen poin 5 sampai dengan poin 8 dengan mengirimkan lewat email di ntp@nuansatrademarkpatent.com ataupun WhatsApp di nomor 0812-2323-2475 berupa format PDF.


Pembayaran Biaya Permohonan, Konsultan dan Administrasi serta Proses Pengajuan Pendaftaran Paten


Anda dapat membayarkan biaya pendaftaran, penunjukan Kuasa Konsultan dan biaya administrasi ke – Bank BCA nomor rekening 0080793537 a.n. Henky Solihin MZ (silahkan hubungi kami perihal biaya pengurusan pendaftaran / pengalihan / pencatatan lisensi / pembuatan deskripsi, klaim dan gambar paten, dll.)


Setelah pembayaran dilakukan, anda dapat mengkonfirmasikannya dan mengirimkan bukti pembayaran ke email ntp@nuansatrademarkpatent.com atau WhatsApp di nomor 0812-2323-2475. Selanjutnya, kami akan menyusun Deskripsi, Klaim dan Gambar Paten yang ingin anda daftarkan dan mengajukan permohonan pendaftarannya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Republik Indonesia. Anda akan mendapatkan formulir pendaftaran yang telah mendapatkan nomor permohonan yang dikeluarkan oleh Negara sebagai bukti bahwa Paten anda sedang diajukan permohonan pendaftarannya untuk mendapatkan perlindungan hukum oleh Negara.